Menjaga Kesehatan Mental Di Era Digital

Menjaga Kesehatan Mental Di Era Digital
Tidak ada yang bisa menolak bahwa inovasi benar-benar membantu kehidupan kita. Kita dapat berinteraksi dengan individu yang kita sayangi dan disajikan dengan data terkini melalui inovasi. Bagaimanapun, kami ingin menjaga keseimbangan untuk menjaga jiwa dan kesejahteraan kami. Hal ini memerlukan penggunaan waktu yang baik secara efektif, pembagian latihan, dan berbicara dengan kolaborator.

Kita dapat memanfaatkan inovasi untuk bertemu orang-orang baru, berbagi manifestasi kita, mengatur waktu kita dan menyaring pekerjaan dan penyakit kita yang sebenarnya. Meski begitu, inovasi juga bisa menjadi sumber stres.

Misalnya, Anda menjadi sangat gelisah jika tidak terlalu menonton hiburan online, berkecil hati karena tidak mendapatkan jawaban atau reaksi yang baik dari orang lain, merasa jera saat membandingkan diri sendiri dengan orang lain. orang, atau menjadi mudah marah dan mengungkapkan hal-hal yang kejam. Bisa jadi kita tidak bisa menghentikan keinginan untuk terus bermain-main atau menonton film di web. Tak terbayangkan jika pola makan, pola istirahat, pola kerja, dan pergaulan kita dengan orang-orang terdekat juga ikut terganggu.

Gaya hidup sehat

Meninggalkan inovasi tampaknya merupakan hal yang mustahil, karena banyak bagian dari pembelajaran dan latihan kerja kita yang memerlukan inovasi. Yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan pemanfaatan inovasi dalam rutinitas rutin kita.

Kita bisa tetap berguna tanpa harus terus menerus menghidupkan organisasi web. Selanjutnya, kita dapat merencanakan kapan akan menghidupkan organisasi, dan benar-benar melihat email dan hiburan virtual. Misalnya, mungkin selesai pada paruh pertama siang dan malam. Ketika sebuah pesan tidak cepat atau mendesak, kita dapat meluangkan waktu untuk menjawab atau mengirimkannya keesokan harinya. Untuk ketenangan pikiran, peringatan untuk berita atau pesan baru juga dapat dimatikan.

Wajar jika kita mengeluh tentang jam kerja yang tidak ada habisnya. Meski begitu, tanpa kita sadari, kita sebenarnya punya komitmen terhadapnya. Bukan hal yang mustahil, web itu ‘konstan’ dan tampaknya bekerja tanpa henti memberikan kita data baru secara konsisten, membuat kita tergerak oleh suasananya. Kita juga harus cepat dan cepat serta selalu ‘canggih’.

Secara keseluruhan, manusia bukanlah mesin. Oleh karena itu, adalah bijaksana bagi kita untuk berdiskusi dengan kelompok kerja kita tentang isu-isu yang harus dibicarakan sehubungan dengan koordinasi kerja dan menyelesaikannya bersama-sama. Misalnya saja ketika pertemuan atau pertemuan dilakukan secara daring, bagaimana menjamin adanya jam kerja dan waktu istirahat yang benar-benar standar, dan apa yang dimaksud dengan krisis yang memerlukan reaksi cepat.

Kita bisa menyampaikan gagasan kepada kelompok kerja atau atasan untuk diakomodir bekerja sama. Misalnya, harus ada perencanaan waktu dan pengaturan kerja yang cukup sehingga tidak perlu terburu-buru menyelesaikan kolaborasi karena ada pihak yang gaya kerjanya merupakan kerangka kerja cepat dan jangka pendek.

Bekerja di berbagai kesempatan di berbagai hardware atau di berbagai media bisa jadi melelahkan, dan bagi sebagian orang justru menurunkan efisiensi. Pastikan ada jeda atau sedikit jeda di antara waktu kerja jaringan, serta jeda liburan yang lebih lama. Cobalah untuk memanfaatkan waktu dan energi dari PC, gawai, atau internet, untuk digunakan berolahraga tanpa internet, misalnya bercocok tanam, bertamu dengan tetangga, atau mengejar hobi sampingan.

Kembali pada kenyataan
‚Äč

Hiburan virtual yang persepsinya sangat kompleks menghadirkan gambaran dunia yang terlihat sangat indah dan juga tampak nyata. Dengan asumsi bahwa kita menghabiskan begitu banyak energi yang dihabiskan di internet, kita mungkin merasa terhalang karena kita melihat segala sesuatu yang indah, indah, hebat dan hebat; lalu bandingkan diri kita dan apa yang ditunjukkan orang lain.

Kita tidak perlu terlalu membedakan diri kita sendiri dan orang lain. Penting untuk diingat bahwa apa yang ditampilkan orang sebagian besar mengagumkan, dalam hal berita dan gambar. Individu akan menyembunyikan hal-hal yang dapat mereka lakukan tanpanya atau menurut mereka akan memberikan gambaran yang buruk. Orang-orang akan memilih, dengan sengaja menangkap apa yang tampak luar biasa, dan jika terjadi perubahan mendasar atau menggunakan saluran untuk menyempurnakan tampilan.

Kami tidak tahu apa yang ada di balik foto dan berita yang tampak luar biasa itu. Tampaknya kita benar-benar ingin kembali ke kenyataan saat ini, bukan alam semesta gambar, untuk mendapatkan pilihan yang mengesankan dari hal-hal positif dalam kehidupan nyata kita. Meluangkan waktu tenang sebelum tidur untuk bersyukur atas hal-hal sederhana dalam hidup dapat membantu kita mengubur masalah dengan diri sendiri dan faktor lingkungan.

Dengan asumsi hidup terasa tidak menyenangkan, berlatih yoga, kontemplasi, atau mempersiapkan diri untuk menghargai apa yang Anda lakukan entah dari mana mungkin bisa membantu. Misalnya saja, ketika kita benar-benar memusatkan perhatian pada tanaman, kita memusatkan perhatian pada gerakan tersebut, bukan memikirkan gerakan lainnya. Apalagi sambil mengejar minat sampingan.

Inovasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan aktual. Misalnya saja, untuk mencari data guna melanjutkan kehidupan yang lebih baik, atau untuk mendapatkan dukungan dari kelompok-kelompok yang sedang menghadapi masalah atau sedang memikirkan masalah serupa. Meskipun demikian, penting untuk memahami pembatasannya dibandingkan dengan pertemuan tatap muka, terutama untuk memberikan bantuan sehubungan dengan masalah-masalah mendesak.

Ada aplikasi luar biasa yang dapat memberikan musik yang menenangkan atau kontemplasi terarah. Ada orang-orang yang dapat membantu kita mengendalikan tekanan dan memberikan arahan untuk membantu kita menciptakan reaksi untuk merilekskan tubuh dan menenangkan diri.

Pada akhirnya, kita perlu menciptakan iklim yang membahagiakan bagi kita dan orang-orang terdekat kita, mengingat anak-anak dan remaja atas keadaan kita saat ini. Jika kita bisa menjaga keakraban secara langsung dan menjalani pola hidup sehat maka akan menjadi teladan bagi generasi yang lebih muda.