Serangan Kapal Meluas Dari Laut Merah

Serangan Kapal Meluas Dari Laut Merah

Serangan Kapal Meluas Dari Laut Merah – Negara- negara Barat berupaya mengamankan jalan pelayaran niaga yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah. Sepanjang ini, serbuan dari kelompok pemberontak Houthi di Yaman terhadap kapal- kapal niaga belum menyudahi. Bagi Barat, Iran ikut serta di belakangnya. Tuduhan ini juga dibantah oleh Teheran.

Laporan terakhir yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat( Pentagon) merupakan Iran menerbangkan pesawat nirawak mengarah Samudra Hindia serta menabrakkannya ke kapal MV Chem Pluto kepunyaan Jepang. Kejadiannya terletak 370 km dari pesisir India serta masih masuk dalam perairan di dasar Delhi.

Tidak terdapat laporan awak kapal yang terluka akibat serbuan itu. Ini merupakan awal kali AS secara terbuka menuduh Iran ikut serta di dalam aksi penyerangan kapal niaga.

Di Teheran, Menteri Luar Negara Iran Hossein Amirabdollahian menampik seluruh tuduhan Barat. Bagi ia, semacam dilansir oleh kantor kabar nasional Iran, IRNA, Teheran sama sekali tidak mempunyai proksi di Yaman, Suriah, Lebanon, serta Irak, semacam yang dituduhkan Barat. Dia menegaskan supaya Barat jangan membawa- bawa nama Iran kala berurusan dengan krisis keamanan di Laut Merah.

Meski begitu, Amirabdollahian memperingatkan Barat, paling utama AS, hendak terus menjadi banyak krisis bila gencatan senjata di Gaza tidak lekas dilaksanakan.” AS jangan berpikir negara- negara lain hendak diam saja memandang kejadian kemanusiaan di Gaza,” ucapnya.

Kapal MV Chem Pluto, bagi firma keamanan pelayaran Ambrey, mengangkat bahan kimia dari Arab Saudi mengarah India. Meski dipunyai industri Jepang, kinerja tiap hari di dasar pengelolaan industri Belanda yang mempunyai ikatan dengan pengusaha Israel, Idan Ofer.

Militer India mengatakan, MV Chem Pluto babe138 memohon dorongan kepada mereka sehabis diserbu. India juga merendahkan satu unit pesawat serta satu unit kapal Angkatan Laut buat mensterilkan jalan. Kapal MV Chem Pluto kesimpulannya merapat ke India.

Laporan Pentagon itu ikut mengatakan dugaan serbuan Pasukan Garda Revolusi Iran terhadap kapal kargo kepunyaan Israel di Samudra Hindia bulan November 2023.

Tuduhan terhadap Iran pula dilemparkan oleh Menteri Luar Negara Inggris David Cameron pada Pekan( 24/ 12/ 2023).” Iran ini pengaruh jahat di kawasan Timur Tengah maupun pada tataran global. Mereka mempunyai banyak proksi─perpanjangan tangan─yang berperan atas perintah Teheran. Tercantum dalam penyerangan kapal- kapal di Laut Merah sehingga tidak dapat merambah Terusan Suez,” katanya, semacam dilansir pesan berita Inggris, Sunday Telegraph.

Lebih dahulu, kelompok Houthi di Yaman menembakkan rudal ataupun pesawat nirawak pengebom ke arah kapal- kapal niaga yang melewati Selat Bab al- Mandab. Selat itu ialah pintu masuk dari Laut Merah mengarah Terusan Suez serta setelah itu menyeberang ke Laut Tengah.

Gara- gara perkara ini, kapal- kapal Asia yang hendak ke Eropa wajib melewati Tanjung Harapan di Afrika Selatan. Ini menaikkan waktu berlayar lebih lama 30 hari serta otomatis bayaran operasional pula membesar. Bila dibiarkan, harga benda hendak naik serta dunia dapat terseret ke dalam krisis ekonomi lebih parah.

Sabtu( 23/ 12/ 2023), kapal militer AS, Laboon, yang berpatroli di Laut Merah menembak jatuh 4 pesawat nirawak. Wahana- wahana itu diterbangkan dari Yaman serta diprediksi kokoh berasal dari markas pemberontak Houthi dengan hasrat melanda kapal- kapal niaga. Mereka memahami pelabuhan terbanyak Yaman, Hodeidah.

AS, Inggris, Norwegia, serta Belanda bergabung di dalam Pembedahan Pengawal Kemakmuran. Dari Timur Tengah, Bahrain ikut dan. Mereka mengirim kapal- kapal militer buat berpatroli mengamankan Laut Merah dari serangan- serangan Houthi, serta saat ini pula Iran.

Dari pihak Houthi, pertumbuhan terkini yakni pihak- pihak yang bertikai, ialah Houthi serta Pemerintah Yaman menyetujui gencatan senjata. Berita ini diumumkan oleh Hans Grundberg, Utusan Spesial Perserikatan Bangsa- Bangsa buat Yaman. Perang kerabat di Yaman ini telah berlangsung sepanjang 9 tahun.

Grundberg berjumpa dengan perwakilan Pemerintah Yaman, Rashad al- Alimi di Arab Saudi. Riyadh menunjang Pemerintah Yaman serta menampung para pejabat teras Yaman yang mengungsi di Arab Saudi.

Di Oman, Grundberg berjumpa dengan kepala delegasi negosiasi Houthi, Mohammed Abdul Salam. Kelompok pemberontak ini didukung oleh Iran.

Gencatan senjata lebih dahulu, yang pula dimediasi PBB, berakhir pada Oktober 2023 sehabis berlangsung semenjak April 2022. Secara universal, pertempuran pasukan pemerintah dengan Houthi menurun ekstrem. Hendak namun, tidak terdapat penjelasan, apakah gencatan senjata ini mempengaruhi kepada penghentian serbuan Houthi terhadap kapal- kapal di Laut Merah.

Kondisi di Laut Merah yang tidak nyaman akibat serangan- serangan milisi Houthi kepada kapal- kapal internasional membuat dunia pelayaran serasa kembali ke 600 tahun silam. Kala itu, para penjelajah dari Portugal, Bartolomeu Dias serta Vasco da Gama, wajib mengitari separuh Bumi buat mengarah Asia.

Rute Laut Merah saat ini jadi sangat beresiko. Para pemberontak Houthi di Yaman menembaki kapal- kapal niaga di Laut Merah. Mereka mau menghindari kapal- kapal itu berlabuh di Israel. Serbuan itu wujud sokongan Houthi kepada Hamas yang berperang melawan Tel Aviv.

Telah belasan kapal kargo ditembaki Houthi. Menjawab itu, pada Sabtu( 16/ 12/ 2923) Orient Overseas Kontainer Line( OOCL) mengumumkan menyudahi mengangkat muatan dari serta ke Israel.

Industri yang berpusat di Hong Kong menyusul 4 raksasa pelayaran global yang lain. Hapag- Lloyd, Maersk, MSC, serta CMA- CGM mengumumkan menyudahi melayari rute Laut Merah sebab alibi keamanan. Sampai 55 persen pengangkutan laut global dikendalikan Hapag- Lloyd, Maersk, MSC, serta CMA- CGM.

Saat ini, banyak industri angkutan laut global wajib menapaktilasi jalan pelayaran para penjelajah Portugal dari abad ke- 15. Rutenya wajib mengitari Daratan Afrika, melewati Tanjung Harapan.

Perihal itu terjalin sebab rute Laut Merah saat ini instan tertutup. Dampaknya, kapal- kapal wajib mengarungi samudera sepekan sampai sebulan lebih lama tanpa memandang daratan.

Pergantian rute itu berakibat ke perekonomian global. Beberapa barang dari Asia yang diekspor ke Eropa umumnya diangkut dengan kapal melewati Laut Merah serta menyeberangi Terusan Suez di Mesir guna menggapai Laut Tengah.

Selat Bab al- Mandab yang terletak di antara Yaman, Djibouti, serta Eritrea ialah pintu masuk ke Laut Merah dari selatan. Selat itu instan dikendalikan Houthi.

Akhir minggu kemudian, Houthi menembakkan rudal ke 2 kapal pengangkut peti kemas. Walaupun tidak terdapat korban jiwa, kapal- kapal itu rusak.

Lebih dahulu, Houthi menembak MT Strinda. Kapal itu mengangkat minyak sawit dari Malaysia ke Italia. Dikutip dari pesan berita Telegraph India, segala awak MT Strinda berasal dari India.

Milisi Houthi mengontak kapten kapal serta menyuruhnya berbalik balik meninggalkan Selat Bab al- Mandab. Kapal itu terpaksa berlayar mengarah Madagaskar serta terus ke Tanjung Harapan.

Pesan berita tersebut memberi tahu, jalan ekspor dari India ke Eropa hendak tersendat. Umumnya, bila berangkat dari pesisir barat India, pelayaran memakan waktu 18 hari. Bila kapal- kapal ini tidak dapat mengakses Terusan Suez, pelayaran memakan waktu 31 hari.

” Dunia di ambang krisis ekonomi baru. Terusan Suez tidak dapat diakses sebab alibi keamanan. Di Amerika, Terusan Panama susah diakses sebab air lagi surut. Pelayaran global seluruh wajib mengambil rute jauh,” kata Peter Sands, analis dari industri pelayaran internasional Xeneta kepada Telegraph India, Senin( 18/ 12/ 2023).

Terusan Suez ialah gebrakan besar transportasi serta keinsinyuran modern. Kanal yang menghubungkan Laut Merah serta Laut Tengah itu dibentuk oleh industri Perancis yang bernama Le Suez pada 1859- 1869.