Mantan Mentri Luar Negri AS Henry Kissinger Meninggal Dunia

Mantan Mentri Luar Negri AS Henry Kissinger Meninggal Dunia
Mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger meninggal pada usia 100 tahun di rumahnya di Connecticut, AS. Bergabungnya Mitra Kisingger mengungkapkan kabar tersebut dalam penjelasan otoritas, Kamis (30/11/2023).

Kissinge,r adalah Menteri Luar Negeri, AS pada masa pemerintahan Presiden. Richard Nixon dan ,Presiden Gerald Portage. Dia mengawasi, strategi internasional AS, yang secara signifikan. mempengaruhi keadaan, dunia selama tahun 1970an, pada tingkat Pertempuran, Virus baru-baru ini.

The Washington, Post versi Rabu (29/11/2023), merinci bahwa. Kissinger adalah seorang, pemukim Yahudi yang, lolos dari, pembantaian Nazi, Jerman. Dia pindah ke AS pada tahun 1938. Kissinger memiliki kemampuan mental, penguasaan yang tinggi, dan kemampuan mengarang yang hebat. Dia melanjutkan dari program sarjana di Harvard College sebelum memasuki posisi administratif di Washington DC.

Kissinger, adalah orang pertama yang pernah .menjadi Penasihat Keamanan dan, Menteri Luar Negeri secara, bersamaan. Dia mengendalikan strategi, internasional AS dengan, kekuatan yang hampir sama ,dengan Presiden.

Kissinger dan Presiden Vietnam Le Duc Though sama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Harmoni pada tahun 1973 berkat diskusi rahasia yang mendorong Pemahaman Paris yang mengakhiri tugas AS dalam Perang Vietnam. Hadiah Nobel Harmoni termasuk yang paling diperdebatkan karena dua orang dari dewan pengawas Nobel mengundurkan diri setelah keputusan politik Kissinger. Presiden Le sekitar kemudian menolak kehormatan itu.

Kissinger juga, dikenal karena kebijaksanaannya, di antara Israel dan negara-negara. Timur Tengah setelah, Pertempuran Yom, Kippur pada tahun 1973. Strategi, ini menghasilkan stabilitas. dan keharmonisan Israel, dengan beberapa negara, Timur Tengah.

Kissinger adalah sosok di balik standarisasi hubungan Washington DC-Beijing dengan menganut Pedoman Satu Tiongkok yang diusung Presiden Nixon. Penyelesaian hubungan antara kedua negara disahkan pada masa Presiden Jimmy Carter.

Kissinger adalah pendukung kuat hipotesis d├ętente untuk melawan Asosiasi Soviet selama Pertempuran Virus pada tahun 1970-an. Kemajuan Asosiasi Soviet dihalangi oleh AS melalui berbagai strategi internasional, termasuk “menumbuhkan” Yugoslavia, Tiongkok, dan pengembangan Fortitude di Polandia.

Kissinger yang punya akses Jerman, berpenampilan cemerlang, dan punya pilihan untuk berbaur dengan nama-nama besar Hollywood, dengan cepat berubah menjadi sorotan dunia. Kissinger, berbeda dengan menteri, luar negeri, AS di masa lalu. Ketika Kissinge.r ditunjuk sebagai menteri, luar negeri, surveyor Gallup menemukan ,bahwa dia adalah sosok yang ,paling dihargai di AS.

Meskipun, demikian, Kissinger, juga menjadi sasaran analisis,berulang karena standar strategi. internasionalnya dianggap tidak etis. Dia melakukan, perjalanan, ke Oslo, Norwegia, untuk. mengakui hadiah, Nobel karena dia ingin menghindari perjuangan keras, melawanny,a.

Seperti yang ,diungkapkannya, langkah-langk,ah strategi yang bersifat praktis, seringkali dianggap, oleh para jurnalis dan pemeriksa, di seluruh dunia, sebagai langkah yang tidak memiliki ,standar dan tidak, mempertimbangkan kebebasan bersama dan keberadaan, manusia. Berbagai, konflik yang dilakukan AS, pada periode Kissinger dipandang .sebagai tanda sikap seimbang ,dalam strategi internasional AS pada masa itu.

Analisis dan tepuk tangan
Kissinger berubah menjadi sosok terkenal, kuat dan kaya. Lambat laun, ia melewati hari-hari terakhirnya dengan berusaha menjaga nama besarnya tetap tercatat dalam sejarah. Dia lebih dari sekali memahami mengapa dia mengambil strategi khusus dalam kasus tertentu yang sedang terjadi.

Presiden sebelumnya Ronald Reagan dan kelompok moderat menentang Kissinger yang mendorong mereka untuk bersedia bergabung dengan Asosiasi Soviet. Langkah ini dinilai menjual standar AS terhadap Blok Perjanjian Warsawa.

Kemudian lagi, mantan Presiden George W Shrubbery menyebut Kissinger mungkin salah satu pejabat publik AS terbaik. Pihak berwenang di organisasi Shrub juga selalu meminta nasihat dari Kissinger.

Bagi kaum liberal, banyak yang menyalahkan Kissinger karena tidak kenal ampun, mengabaikan kebebasan umum demi peningkatan politik AS. Hal ini patut terlihat, misalnya pada keharmonisan Paris tahun 1973, AS membiarkan pemerintah Vietnam Selatan tanpa mitra sehingga konflik berlangsung cukup lama dengan kemunduran yang sangat besar di pihak Vietnam Selatan.

Kissinger juga diteliti atas strategi Aktivitas Pengeboman Misteri di negara independen Kamboja yang terungkap pada tahun 1969. Sampai saat ini, sisa-sisa bom AS, khususnya bom kelompok, selama Perang Vietnam di Kamboja, Laos, dan Vietnam masih menjadi isu dan penyebab. kerugian. Laos bahkan dikenal sebagai negara yang paling banyak dibombardir di dunia.

Aksi pengeboman, di Kamboja justru memperkuat, benteng Khmer Merah yang, kemudian membantai, masyarakat Kamboja dan memicu konflik yang, baru berakhir pada, tahun 1991 dengan, campur tangan Indonesia dan, Perancis. Pendekatan Kissinger yang mendukung, Shah Iran pada tahun ,1970-an sebagai pemimpin strategi, AS di wilayah Teluk juga memicu pertikaian .di dalam Iran. Dengan demikian, pertemuan-pertemuan moderat muncul dan Shah Iran menjadi kecewa. Saat ini Amerika dan Iran adalah musuh bebuyutan.

Kissinger disalahkan karena dikaitkan dengan dukungan sistem militer Pakistan yang membantai orang-orang Pakistan Timur (sekarang Bangladesh) atas bantuan Pakistan dalam upaya politik AS terhadap Tiongkok. Dia juga disalahkan karena mengizinkan penggulingan badan legislatif mayoritas Siprus pada tahun 1974. Saat ini Siprus masih terpecah antara Republik Siprus dan wilayah yang terlibat di Turki.