Manfaat Yang Sangat Baik Dari Daun Pepaya Jepang

Manfaat Yang Sangat Baik Dari Daun Pepaya Jepang

Manfaat Yang Sangat Baik Dari Daun Pepaya Jepang
Bolehkah dikatakan Anda sedang mencari manfaat daun pepaya jepang?

Daun pepaya merupakan salah satu tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan masakan.

Masakan yang paling banyak dikenal adalah tumis daun pepaya yang sederhana namun rasanya luar biasa.

Tahukah Anda tentang daun pepaya jepang atau biasa disebut Chaya?

Meski namanya daun pepaya jepang, nyatanya tanaman sayuran ini sudah bisa ditemukan di Indonesia meski tergolong baru.

Berbeda dengan namanya, tanaman ini bukan berasal dari Jepang, melainkan dari Meksiko.

Tanaman ini dikenal sebagai makanan super karena mengandung banyak nutrisi penting dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berdasarkan Diary of Restorative Plants Exploration, daun pepaya Jepang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional karena diketahui memiliki sifat antidiabetik, pencegah kanker, hepatoprotektif, dan sifat kimia.

Daun pepaya jepang merupakan salah satu sayuran yang dikonsumsi masyarakat lokal Meksiko sejak zaman dahulu. Selain itu, mereka percaya bahwa daun ini memiliki manfaat medis yang besar bagi tubuh.

kemudian? Berikut fakta mengenai manfaat daun pepaya jepang.

1. Memperluas Kekuatan Otot
Daun pepaya jepang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram daun pepaya jepang terdapat 6 gram protein yang mampu memenuhi 12 – 15% protein harian Ibu.

Oleh karena itu, jika Bunda sedang berlatih untuk menambah jumlah, maka daun pepaya jepang patut dimasukkan dalam menu makanan kita.

2. Memperkuat Kesejahteraan Tulang
Selain kandungan proteinnya yang tinggi, daun ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Daun pepaya jepang mengandung 200-330 mg/100 g kalsium yang dapat memenuhi sekitar 20-33% kebutuhan kalsium tubuh sehari-hari.

Namun jika dibandingkan dengan sayuran lainnya, daun pepaya jepang memiliki kandungan kalsium paling tinggi diantara sayuran lainnya.

Kalsium pada daun pepaya jepang membantu meningkatkan kekuatan area tertentu, baik untuk kesehatan jantung, sehingga saraf tubuh dapat bekerja dengan baik.

3. Mengobati kekurangan zat besi
Tahukah Anda kalau daun pepaya jepang mengandung 100 persen zat besi atau dua kali lipat jumlah daun bayam?

Tingginya kandungan zat besi pada daun pepaya jepang mampu meningkatkan aliran darah dan mencegah kulit pucat.

4. Memperkuat daya tahan tubuh
Kandungan asam L-askorbat yang tinggi pada daun pepaya jepang mampu memperkuat kerangka daya tahan tubuh.

Asam L-askorbat merupakan pencegah kanker yang kuat yang akan bekerja pada sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi trombosit putih.

5. Bekerja dengan penyerapan
Serat dari sayuran akan membuat tinja berukuran besar lebih mudah dikeluarkan sehingga mencegah penyumbatan. Daun pepaya jepang kaya akan serat yang lebih tinggi dibandingkan bayam.

Jika Bunda mempunyai masalah lambung, sebaiknya kita mengonsumsi daun ini.

6. Jaga kesehatan mata
Kabar gembira bagi para Ibu yang ingin menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan daun pepaya jepang memiliki kandungan vitamin A yang tidak kalah tinggi dengan suplemen lain yang dikandungnya.

Dalam 100 g daun pepaya jepang, terdapat 1.357 IU vitamin A yang dapat memenuhi sekitar 27% kebutuhan vitamin A sehari-hari. Mengonsumsi vitamin A yang cukup dapat membantu mencegah penyakit mata.

7. Mengurangi Hipertensi
Khasiat daun pepaya jepang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengalahkan hipertensi atau tekanan darah tinggi secara normal.

Hal ini karena daun pepaya Jepang, yang sering disebut ‘bayam pohon’, kaya akan asam L-askorbat.

Dalam penelitian yang telah diarahkan, asam L-askorbat berperan besar dalam menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Meski begitu, masih belum diketahui secara pasti seberapa kuat kandungan asam L-askorbat yang terkandung dalam daun pepaya Jepang.

8. Kencing Manis
Khasiat daun pepaya jepang selanjutnya adalah mencegah penyakit glukosa atau diabetes.

Sebuah tinjauan yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas A&M College Kingsville menemukan bahwa daun pepaya Jepang efektif dalam menurunkan kadar glukosa.

Meski daun pepaya jepang sudah terbukti bisa menurunkan penyakit diabetes, sayangnya penelitian yang dilakukan hanya pada hewan saja. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut termasuk terhadap masyarakat.

9. Mengurangi risiko penyakit
Tak seorang pun akan berpikir bahwa daun pepaya Jepang dapat mengurangi risiko ibu dan keluarga mereka terkena pertumbuhan kanker.

Hal ini karena daun pepaya jepang mengandung vitamin A yang sangat baik untuk melawan judi penyakit.

Berdasarkan penelitian, vitamin A yang telah dicerna oleh tubuh dan menjadi beta-karoten berperan penting dalam mencegah penyakit.

Beberapa penyakit yang diderita termasuk penyakit kelenjar getah bening, kerusakan sel di paru-paru, dan kanker serviks.