Iran Setelah Israel Membunuh Jenderal Mousavi

Iran Setelah Israel Membunuh Jenderal Mousavi

Iran Setelah Israel Membunuh Jenderal Mousavi – Bundaran Imam Hussein di pusat kota Teheran dipenuhi ribuan orang pada Kamis( 28/ 12/ 2023). Di bunda kota Iran itu, mereka membawakan mendiang Brigadir Jenderal Sayyed Reza Mousavi ke pemakaman.

 Rumahnya di pinggiran Damaskus jadi sasaran serbuan hawa Israel. Dia dikebumikan di pemakaman Imamzadeh Saleh, Tajrish, sebelah utara Teheran.

Pemimpin Paling tinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei serta Komandan Garda Revolusi Iran( IRGC) Mayor Jenderal Hossein Salami turut melayat. Kantor kabar Iran, IRNA, mengutip statment Salami soal Mousavi.

Bagi Salami, Mousavi sahabat dekat sekalian penasihat berarti mendiang Letnan Jenderal Qassem Solemaini. Soleimani tewas akibat serbuan hawa Amerika Serikat di Baghdad pada Januari 2020.

Kedatangan Khamenei serta beberapa petinggi Iran menampilkan Mousavi orang berarti. Mousavi menghabiskan lebih dari 30 tahun di Suriah serta negeri sekitarnya. Bagi Kedutaan Iran di Damaskus, Mousavi berstatus diplomat.

Bagi beberapa pihak, Mousavi hingga memiliki babe138 ruangan sendiri di Kantor Departemen Pertahanan Suriah. Bersama Soleimani, yang jadi Komandan Brigade Quds IRGC, Mousavi menjalakan ikatan dengan beberapa kelompok bersenjata di Suriah serta sekitarnya.

Brigade Quds ataupun Pengawal Jerusalem salah satu dari 8 cabang IRGC. Tugas brigade itu melindungi pengaruh Iran di beberapa negeri. Mereka menunjang kelompok- kelompok di banyak negeri.

Kepada Arab News, Mohammed Al- Sulami menyebut Mousavi selaku kembaran Soleimani.” Ia( Mousavi) memahami seluruh orang, mempunyai kontak yang baik dengan orang- orang di lapangan, milisi serta pemimpin kelompok,” kata Al- Sulami yang mendirikan serta mengetuai Rasanah, lembaga kajian soal Iran di Arab Saudi.

Pengalaman 30 tahun membuat Mousavi memiliki pengetahuan lebih banyak dari siapa juga soal keadaan lapangan, spesialnya di Suriah. Apalagi, bagi Al- Sulami, Mousavi dapat dibanding dengan Komandan Brigade Quds dikala ini, Letnan Jenderal Esmail Qaani. Mousavi kampiun di Timur Tengah, Qaani piawai di Asia Tengah, spesialnya Afghanistan.

Al- Sulami berkata, Soleimani serta Mousavi bak 2 sisi mata duit logam. Keduanya silih memenuhi.” Sebab itu, ini ialah kerugian yang sangat besar untuk Iran serta keberhasilan besar untuk mereka yang berupaya meminimalkan kedatangan milisi di Suriah,” ucapnya.

Dengan pengalaman panjangnya, tidak heran terdapat negeri musuh Iran ingin Mousavi tewas.” Aku pikir badan- badan intelijen di negara- negara semacam Inggris, Amerika, serta yang lebih berarti, Israel ketahui betul berartinya orang- orang semacam itu di Suriah, walaupun orang- orang ini berupaya buat senantiasa diam serta tidak menonjolkan diri,” ucap Al- Sulami.

Mousavi masuk catatan sasaran Israel semenjak dilaporkan mengendalikan pengiriman senjata serta dana ke kelompok bersenjata di Suriah serta Lebanon. Kelompok- kelompok itu dekat dengan Iran serta terus mengumpulkan persenjataan. Mereka aktif menimbun senjata semenjak Hezbollah berperang dengan Israel pada 2006.

Di Suriah, Iran menunjang pemerintahan Bashar Angkatan laut(AL) Assad. Presiden yang mewarisi jabatan dari bapaknya itu salah satu yang secara terbuka menentang Israel.

Sebab itu, sepanjang 10 tahun terakhir, Israel teratur melanda Suriah. Serbuan itu sering diucap perang tidak langsung Israel- Iran. Tujuan serbuan itu menghentikan pasokan persenjataan serta aneka perlengkapan perang Iran ke kelompok bersenjata di Suriah serta Lebanon.

Supaya tujuan betul- betul tercapai, pengendali pasokan itu wajib dimusnahkan. Mousavi diidentifikasi selaku salah satu pengendali pasokan.” Penghancuran Reza Mousavi, bila dicoba oleh Israel, hendak jadi langkah berarti untuk negeri yang secara universal menargetkan infrastruktur raga IRGC di Suriah serta menjauhi menargetkan personel,” kata Kyle Orton, analis independen Timur Tengah.

Al- Sulami menaksir, akibat kematian Mousavi sama besarnya dengan kematian Soleimani. Akibat itu berbentuk perpecahan kelompok- kelompok sokongan Iran. Walaupun Iran melaporkan hendak membalas kematian Mousavi, Al- Sulami ragu hendak terdapat konfrontasi langsung Israel- Iran.

” Israel melanda Iran di Suriah serta tempat lain. Tetapi, mereka( Israel) menjauhi pembedahan militer langsung di daerah Iran buat menjauhi eskalasi. Untuk Iran, perihal yang sama pula terjalin,” tuturnya.

Iran bisa jadi hendak melanda Siprus, Yunani, ataupun tempat lain yang banyak penduduk dan mata- mata Israel. Serbuan hendak terus terjalin dalam sebagian waktu ke depan.

Sedangkan Orton meragukan tewasnya Mousavi hendak berakibat besar pada kendali Iran di Suriah. Hendak namun, bila pembunuhan perwira semacam Mousavi terus terjalin, Orton meyakini, perihal ini hendak terdapat akibatnya terhadap pengaruh Iran.

Terdapat skenario lain yang bisa jadi dipakai Iran membalas kematian Mousavi. Skenario itu dapat dilihat dari laporan Dexter Wilkins di majalah New Yorker pada 2013.

Peliput perang Irak serta Afghanistan itu menulis soal akibat kematian salah satu komandan Brigade Quds, Hassan Shateri. Pada Februari 2013, Shateri tewas di Suriah.

Kematian Shateri membuat Soleimani berkantor di Suriah. Dia mengatur pembedahan di situ. Fokusnya, menggalang aliansi militer Suriah dengan Hezbollah. Tujuannya: membalas kematian Shateri.

Kekhawatiran terdapat ekspansi perang di Timur Tengah terus menjadi mendekati realitas. Amerika Serikat serta Iran bersama berniat membalas dendam sehabis jadi sasaran serbuan.

Iran marah besar oleh kematian Brigadir Jenderal Seyed Razi Mousavi di Suriah, Senin( 25/ 12/ 2023) sore.” Tidak diragukan lagi, aksi keji ini ciri frustrasi serta kelemahan rezim ilegal di kawasan serta mereka jelas wajib membayar atas kejahatan ini,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi, sebagaimana dilansir media Iran, Tasnim serta IRNA.

Departemen Luar Negara Iran pula menuding Israel bertanggung jawab atas tewasnya Mousavi. Dia dikenal tinggal di kawasan Zeinabiyah yang terletak di pinggiran bunda kota Damaskus. Pada Senin sore, beberapa jet Israel melanda Zeinabiyah.

Dalam rentang waktu nyaris bertepatan, AS melancarkan serbuan hawa ke Provinsi Wassit serta Babilonia di Irak. Akibat serbuan pada Selasa( 26/ 12/ 2023) dini hari itu, satu orang tewas serta 24 orang yang lain luka. Washington menyebut serbuan itu menyasar sarana serta anggota Kataib Hezbollah, kelompok pro- Iran yang kesekian kali dituding melanda pasukan AS di Irak.

AS merupakan sekutu terdekat Israel di Timur Tengah. Menimpa serbuan Israel ke Suriah, juru bicara militer Israel( IDF), Laksamana Muda Daniel Hagari, cuma berkata, tugas IDF melindungi keamanan Israel.” Aku tidak hendak mengomentari laporan asing, baik ini ataupun laporan lain di Timur Tengah,” ucapnya.

Memanglah, jet- jet Israel teratur melanda beberapa posisi di Suriah. Sasaran umumnya diklaim selaku markas serta gudang senjata kelompok sokongan Iran.

Mousavi ialah perwira di Garda Revolusi Iran( IRGC). Dia diucap salah satu orang dekat mendiang Letnan Jenderal Qassem Soleimani, mantan Komandan Brigade Quds IRGC.

Mousavi merupakan jenderal ketiga di area Garda Revolusi Iran yang tewas sehabis serbuan hawa Israel dalam satu bulan terakhir. Dia, bagi sumber Reuters, bertanggung jawab buat mengoordinasikan aliansi militer antara Suriah serta Iran.

Mousavi perwira penghubung IRGC serta militer Iran dengan militer serta kelompok- kelompok bersenjata Suriah. Salah satu tugas Brigade Quds IRGC menyokong bermacam kelompok bersenjata di Timur Tengah serta Afrika Utara. Iran menyebutnya poros perlawanan.

Amerika Serikat serta sekutunya, tercantum Israel, menuding kelompok- kelompok itu pengganggu kestabilan kawasan. Tudingan, antara lain, dipicu bermacam serbuan ke Israel serta pangkalan AS di kawasan.

Serbuan terkini terjalin pada Senin dini hari di dekat Lapangan terbang Erbil, Irak utara. Dampaknya, 3 tentara AS luka.

Gedung Putih mengumumkan, Presiden AS Joe Biden memerintahkan serbuan balasan. Perintah diberikan sehabis Panglima Angkatan Bersenjata AS Jenderal Charles Brown serta Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berdialog dengan Biden. Mereka menganjurkan opsi asumsi.

Biden kesimpulannya memutuskan serbuan hawa ke Provinsi Wassit serta Babilonia di Irak. Akibat serbuan pada Selasa( 26/ 12/ 2023) dini hari itu, satu orang tewas serta 24 orang yang lain luka.

Washington menyebut serbuan itu cuma menyasar sarana serta anggota Kataib Hezbollah. Kelompok itu telah kesekian kali dituding melanda pasukan AS di Irak.