Iran Kembali Kehilangan Petinggi Mereka

Iran Kembali Kehilangan Petinggi Mereka

Iran Kembali Kehilangan Petinggi Mereka – Iran memperbaiki 2 opsir serta 2 prajuritnya berpulang di Damaskus, Suriah, Sabtu( 20 atau 1 atau 2023). Mereka berpulang dampak bidasan Israel.

Pengawal Revolusi Iran( IRGC) memperbaiki 4 personel mereka di Damaskus berpulang. Dalam statment yang diterima antara lain oleh IRNA, Mehr, serta Tasnim, IRGC mengatakan Israel bertanggung jawab pada bidasan itu.

IRGC tidak mengatakan kenyataan diri para korban. Kebalikannya Mehr bagikan tahu, 2 administratur pembedahan intelijen IRGC serta 2 ajudan mereka berpulang dampak bidasan di Damaskus itu.

Target bidasan ialah salah satu rumah di alam Mazzeh. Alam itu jadi tempat bermukim beberapa perwakilan negeri asing di Suriah. Buat Teheran, rumah yang disasar ialah adres perwakilan Iran di Damaskus.

Beberapa saksi mengatakan, amat tidak 5 denotasi terdengar pada jam 10. 00. Rumah tertib yang jadi target bidasan sirna serta tumbang.

Sebagian pihak mengatakan, bidasan terangkai kala IRGC berjumpa perwakilan Jihad Islam Palestina( PIJ). Perwakilan beberapa golongan bersenjata lain di Palestina serta Suriah pula dikabarkan turut pertemuan itu.

Dalam statment terpisah, PIJ melawan terdapat administratur ataupun anggotanya jadi korban bidasan itu. PIJ tidak berpikiran perkara asumsi pertemuan di rumah itu.

Ada pula Israel tidak berpikiran perkara bidasan itu.” Kita tidak berpikiran pada pemberitaan perkakas asing,” sedemikian itu statment angkatan Israel perkara bidasan di Damaskus.

Para administratur lazim serta angkatan Isrel tidak senggang dengan tata cara sah memperbaiki bidasan Israel ke Suriah, Lebanon, ataupun negeri lain di alam. Cuma sisa perkakas bidasan ataupun pencarian negeri target membawa tujuan lagak Israel itu.

Bukan kali ini saja Israel melanda opsir Iran di Suriah. Pada 25 Desember 2023, bidasan Israel membunuh Brigadir Jenderal Reza Mousavi. Kebalikannya pada dini Desember 2023, 2 opsir menengah IRGC berpulang dampak bidasan Israel di Suriah.

Badan Pemantau HAM Suriah mengatakan, 23 wujud Suriah pendukung Iran serta opsir Iran berpulang dalam 1, 5 bulan terakhir. Seberinda jadi korban bidasan Israel.

Tidak hanya Suriah, Israel pula melanda Lebanon. Pada Sabtu, bidasan Israel menyimpang mobil di Lebanon Selatan. Korban bidasan itu diucap badan golongan bersenjata Palestina. Tidak terdapat data lebih lanjut pada golongan apa para korban itu teraduk.

Dalam informasi pada Jumat, Washington Post menguak Israel hendak tingkatkan bidasan ke Lebanon. Disaat ini, bidasan Israel lebih banyak menyimpang Lebanon selatan yang berbatasan dengan Israel. Sesekali, Israel pula melanda Beirut.

Buat Washington Post, Israel menekan Amerika Persekutuan serta sekutunya memperjuangkan perdamaian dengan Hezbollah. Bila akad tidak berhasil, Israel hendak melanda Lebanon dalam 2 minggu esok.

Dari Israel menerobos Gaza pada Oktober 2023, Hezbollah relatif bibir69 menahan diri. Sepanjang ini, Israel- Hezbollah cuma ikut serta bidasan jarak jauh dengan timah panas pengawasan ataupun pesawat nirawak.

Pembantaian Wissam al- Tawwil oleh Israel membuat Hezbollah kemudian jadi susah menahan diri. Tawwil mengetuai salah satu bagian sekumpulan eksklusif Hezbollah.

Iran tidak cuma memublikasikan data cemas hati pada Sabtu. Teheran pula menguak peresmian satelit Soraya yang dapat digunakan buat membimbing timah panas pengawasan.

Soraya membegari di ketinggian 750 km dari alun- alun alam. Satelit itu dikeluarkan dengan roket Qaem 100 ciptaan Tubuh Antariksa Iran( ISA).

Teheran mengklaim. Soraya diorbitkan buat kemauan rukun. Walakin, sebagian pihak beriktikad Soraya bagian dari program IRGC.

serta fitur peluncurnya. Disaat dikala saat sebelum Soraya, ISA meluncurkan satelit SLV dengan timah panas pengawasan Shahab- 3. Setelah peresmian itu, Shahab- 3 dimodifikasi legal semacam roket peluncur perlengkapan antariksa serta dipanggil roket Safir. Roket itu memopulerkan satelit Omid.

IRGC serta ISA mengklaim, seluruh satelit Iran berperan cocok angan- angan. Dari April 2020, IRGC sudah menaruh amat tidak 6 satelit di arah. Satelit itu yakni dari Sina- 1, Omid, Rasad, Navid, Fajr- 5, Noor- 1, serta Noor- 2.

Partisipasi IRGC dalam program antariksa Iran membingungkan beberapa negeri. Amerika Persekutuan menggugat Iran melanggar pernyataan Badan Keamanan Perserikatan Bangsa- Bangsa kala meluncurkan satelit.

Lingkaran Pimpinan Hussein di pusat kota Teheran dipenuhi ribuan orang pada Kamis( 28 atau 12 atau 2023). Di bunda kota Iran itu, mereka membawakan almarhumah Brigadir Jenderal Sayyed Reza Mousavi ke penguburan.

Mousavi berpulang di Damaskus, Suriah, pada Senin( 25 atau 12 atau 2023). Rumahnya di pinggiran Damaskus jadi target bidasan hawa Israel. Ia dikebumikan di penguburan Imamzadeh Taat, Tajrish, bagian utara Teheran.

Arahan Amat besar Iran Ayatollah Ali Khamenei serta Panglima Pengawal Revolusi Iran( IRGC) Berarti Jenderal Hossein Salami turut melayat. Kantor informasi Iran, IRNA, mengambil statment Salami perkara Mousavi.

Buat Salami, Mousavi teman dekat sekalian advokat berarti almarhumah Letnan Jenderal Qassem Solemaini. Soleimani berpulang dampak bidasan hawa Amerika Persekutuan di Baghdad pada Januari 2020.

Kedatangan Khamenei serta beberapa administratur Iran memastikan Mousavi orang berarti. Mousavi menghabiskan lebih dari 30 tahun di Suriah serta negeri sekelilingnya. Buat Kedutaan Iran di Damaskus, Mousavi terletak deputi.

Buat beberapa pihak, Mousavi hingga memiliki ruangan sendiri di Kantor Bagian Pertahanan Suriah. Bersama Soleimani, yang jadi Panglima Bagian Quds IRGC, Mousavi menjalakan hubungan dengan beberapa golongan bersenjata di Suriah serta sekelilingnya.

Bagian Quds ataupun Ajudan Jerusalem salah satu dari 8 agen IRGC. Andil bagian itu menghindari akibat Iran di beberapa negeri. Mereka mensupport kelompok- kalangan di banyak negeri.

Pada Arab News, Mohammed Al- Sulami mengatakan Mousavi legal semacam kembaran Soleimani.” Dia( Mousavi) memahami seluruh orang, mempunyai kontak yang bagus dengan banyak orang di alun- alun, wajib angkatan serta arahan golongan,” tutur Al- Sulami yang mendirikan serta mengetuai Rasanah, badan amatan perkara Iran di Arab Saudi.

Pengalaman 30 tahun membuat Mousavi memiliki wawasan lebih banyak dari siapa pula perkara atmosfer alun- alun, spesialnya di Suriah. Terlebih, buat Al- Sulami, Mousavi dapat dibanding dengan Panglima Bagian Quds dikala ini, Letnan Jenderal Esmail Qaani. Mousavi juara di Timur Tengah, Qaani ahli di Asia Tengah, spesialnya Afghanistan.

Al- Sulami berkata, Soleimani serta Mousavi kolam 2 bagian mata duit metal. Keduanya silih memenuhi.” Sebab itu, ini ialah kehilangan yang amat besar untuk Iran serta kesuksesan besar untuk mereka yang berusaha meminimalkan kedatangan wajib angkatan di Suriah,” ucapnya.

Dengan pengalaman panjangnya, tidak bingung terdapat negeri kompetitor Iran ingin Mousavi berpulang.” Aku pikir badan- badan intelijen di negara- negara semacam Inggris, Amerika, serta yang lebih berarti, Israel ketahui benar berartinya banyak orang semacam itu di Suriah, walaupun banyak orang ini berupaya buat senantiasa bungkam serta tidak memprioritaskan diri,” cakap Al- Sulami.

Mousavi masuk catatan target Israel dari dikabarkan menata pengiriman senjata serta kalkulasi ke golongan bersenjata di Suriah serta Lebanon. Kelompok- kalangan itu dekat dengan Iran serta setelah itu mengakulasi persenjataan. Mereka aktif menimbun senjata dari Hezbollah berkelahi dengan Israel pada 2006.

Di Suriah, Iran mensupport rezim Bashar Angkatan laut( Angkatan laut( Angkatan laut(AL))) Assad. Kepala negara yang memperoleh kedudukan dari bapaknya itu salah satu yang dengan tata cara terbuka menentang Israel.

Sebab itu, sepanjang 10 tahun terakhir, Israel teratur melanda Suriah. Bidasan itu sering diucap perang tidak langsung Israel- Iran. Tujuan bidasan itu memberhentikan bekal persenjataan serta berbagai bermacam perkakas perang Iran ke golongan bersenjata di Suriah serta Lebanon.

Supaya tujuan betul- betul berhasil, otak bekal itu wajib dimusnahkan. Mousavi diidentifikasi legal semacam salah satu otak bekal.” Penghancuran Reza Mousavi, bila dicoba oleh Israel, hendak jadi tahap berarti untuk negeri yang dengan tata cara umum mematok prasarana tubuh IRGC di Suriah serta menjauhi mematok personel,” tutur Kyle Orton, analis lapang Timur Tengah.