Baterai Mobil Listrik China Membuat Biden Gelisah

Baterai Mobil Listrik China Membuat Biden Gelisah

Baterai Mobil Listrik China Membuat Biden Gelisah
Media Barat telah lama menyalahkan Tiongkok sebagai negara industrialis. Meskipun demikian, tuduhan tersebut ditujukan agar Tiongkok meniru model keuangan seperti model AS. Setiap organisasi maju secara mandiri dan bergantung pada pengaruh pasar tanpa hambatan pemerintah. Tiongkok tidak perlu takut.

Presiden Tiongkok Xi Jinping di hadapan Presiden AS Joe Biden berulang kali menyatakan bahwa tidak ada kemungkinan bagi suatu negara untuk dipaksa meniru model negara lain. Di sisi lain, Barat tidak pernah benar-benar fokus pada bagaimana Tiongkok membantu sistem bisnis melalui perusahaan swasta negara, seperti yang ditegaskan.

Apa yang terus terjadi adalah berlanjutnya serangan Barat terhadap Tiongkok, yang oleh otoritas publik dianggap otoriter, tidak memiliki kualitas Barat, dan mengendalikan pasar.

Pembeli dunia sekali lagi tidak peduli dengan serangan media Barat. Pembeli hanya membutuhkan barang bagus dengan harga murah. Faktanya, konsumen AS sendiri merasa bahwa produk buatan Tiongkok cukup bagus dan murah.

Saat ini konsumen dunia juga menyukai aki kendaraan listrik buatan China yang harganya murah dan daya tahannya lebih lama. “Kelemahan baterai yang dibuat di negara lain adalah mereka fokus pada ilmu baterai terkait dengan kinerja, bukan perlunya sikap moderat,” kata Bill Russo, penyelenggara di balik konsultan Automobility dan mantan Kepala Chrysler di Tiongkok (The Monetary Times, 28 Agustus 2023 ).

“Apa yang kami temukan di Tiongkok adalah guncangan dan demokratisasi kendaraan listrik. Tiongkok berfokus pada kewajaran konsumen dengan menjadikannya lebih murah. Tiongkok menang,” kata Russo.

Banyak kritikus yang mengatakan bahwa Tiongkok membuat produk murah dan berkualitas karena dukungan tenaga kerja yang inovatif. Ahli futurologi AS yang membantu pemerintah Tiongkok, John Naisbitt, telah lama memperingatkan bahwa Tiongkok akan menakjubkan dalam banyak hal. Alasannya adalah Tiongkok sangat visioner dalam bidang ekonomi dan sangat agresif dalam menyelidiki karya-karya inovatif (Penelitian dan pengembangan).

Edmund Phelps, analis pasar AS yang memenangkan Hadiah Nobel Keuangan tahun 2006, juga memanfaatkan pemerintahan Tiongkok. Phelps sering kali membenarkan tuduhan bahwa Tiongkok Hoki99 tidak menerima inovasi begitu saja. Tiongkok sudah jenuh dengan inovasi dan di kemudian hari Tiongkok akan mempunyai ciri khasnya sendiri yang luar biasa sesuai dengan rencananya sendiri.

Edmund Phelps, analis bisnis AS yang memenangkan Hadiah Nobel bidang Keuangan tahun 2006, juga memanfaatkan pemerintahan Tiongkok. Phelps sering kali membenarkan tuduhan bahwa Tiongkok tidak menerima inovasi begitu saja. Tiongkok sudah jenuh dengan inovasi dan nantinya akan memiliki kualitas menarik tersendiri mengingat rencananya sendiri.

Namrata Sen Chanda dalam situs Asia Asset Chiefs, 11 September 2023, menyampaikan bahwa kendaraan listrik berbahan bakar baterai telah menjadi visi mapan pemerintah China. Kontaminasi adalah tujuan yang harus dikurangi hingga arus keluar nol. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kendaraan listrik.

Agar tidak ada arus keluar melalui kendaraan ini, Tiongkok sedang menyelidiki produksi baterai. Yang dilakukan bukan hanya penelitian dan pengembangan tentang pembuatan baterai yang hebat dan sederhana. Tiongkok awalnya mengendalikan komponen mentah melalui organisasi pertambangan.

Tiongkok mengambil bagian dalam situasi ini dengan kendali besar atas tambang grafit, tanah jarang, kobalt dan litium, serta bahan dasar untuk produksi baterai. Tiongkok menguasai 40% cadangan kobalt dan bekerja sama dengan Australia, Amerika Utara, dan Afrika untuk pertambangan dan bahan alami yang tidak dapat diakses di Tiongkok.

Untuk komponen penting lainnya, Tiongkok menyediakan hampir semua hal, seperti katoda, anoda, pemisah, dan elektrolit. Tak hanya itu, organisasi Tiongkok juga mendominasi saluran peredaran, penanganan, dan pengumpulan akhir. Dalam berbagai langkah ini, Tiongkok memanfaatkan skala ekonomi penciptaan untuk mencapai biaya rendah. Semakin banyak yang dikirim, semakin rendah biayanya.

Tentu saja, yayasan di Tiongkok bekerja dengan mengangkut produk dari area pabrik pengolahan ke pelabuhan dan sebaliknya, serta memperoleh bahan-bahan yang belum dimurnikan. Tahap ini juga memuluskan penciptaan. Hal lainnya adalah bahwa para spesialis di Tiongkok dikenal lincah dan lincah.

Ini adalah sistem yang disusun berdasarkan visi Pemerintah Tiongkok. Gregor Sebastian, seorang ilmuwan tentang sistem modern Tiongkok dari Mercator Institution for China Studies (Merics), Berlin, memahami proses dewasa Tiongkok. “Beijing sudah lama memberi isyarat bahwa kendaraan listrik akan menjadi kebutuhan masyarakat, mengingat melalui spekulasi penambangan, penanganan bahan mentah, dan penciptaan inovasi baterai,” ujarnya.

Dengan semua itu, pesaing Tiongkok yang juga membuat baterai mengalami kegagalan. CATL dan BYD telah jauh mengungguli pesaing mereka di bidang baterai, termasuk organisasi Korea Selatan dan Jepang.

Didirikan sejak lama, CATL kini telah memasuki industri yang saat ini dibatasi oleh produsen kendaraan dari AS, Eropa, Jepang, dan Korea Selatan. Di bawah inisiatif pionir Robin Zeng, CATL menguasai sekitar 37% pasar baterai kendaraan listrik di seluruh dunia, menyediakan kebutuhan Tesla, BMW, Portage, dan Volkswagen.