Pengebom Bunuh Diri Di Iran

Pengebom Bunuh Diri Di Iran

Pengebom Bunuh Diri Di Iran – Kalangan Negara Islam di Irak dan Suriah( NIIS) memberi tahu bertanggung jawab atas 2 denotasi di Iran yang menewaskan 84 orang dan melukai 284 orang yang lain pada Rabu pekan ini.

Kalangan Negara Islam di Irak dan Suriah atau NIIS memberi tahu bertanggung jawab atas denotasi sebandung di Kerman, dekat 820 kilometer tenggara Teheran, Iran, yang menewaskan 84 orang dan melukai 284 orang yang lain pada Rabu( 3 ataupun 1 ataupun 2024). Teheran berkomitmen akan membalas bidasan amat mematikan dari Revolusi Islam 1979 itu.

Pernyataan klaim tanggung jawab NIIS diunggah dalam pernyataan melalui saluran Telegram yang terafiliasi pada NIIS, Kamis( 4 ataupun 1 ataupun 2024) lama setempat.

Dalam pernyataan itu, NIIS mengatakan, 2 anggotanya telah meledakkan diri dengan sabuk berbahan peledak di tengah kawanan orang dalam peringatan 4 tahun kematian Komandan Bagian Al- Quds Penjaga Revolusi Iran Qassem Soleimani. Soleimani dibunuh di Irak pada tahun 2020 dalam bidasan pesawat nirawak( drone) AS.

Klaim NIIS berkata 2 fakta diri pelakon, yakni Omar al- Mowahed dan Seif- Allah al- Mujahed. Namun, berbeda dengan Kerutinan pernyataan NIIS di masa- era lebih dulu, pernyataan itu tidak berkata kalangan NIIS dari zona mana pelakon bom bunuh diri itu.

Hingga data ini diturunkan, administratur Penguasa Iran belum membetulkan klaim itu meski kantor data Penguasa Iran, IRNA, telah mengambil data klaim NIIS. Di perlengkapan sosial, Deputi Kepala negeri Iran Mohammad Jamshidi mendakwa Amerika Perkongsian( AS) dan Israel di balik bidasan itu.

AS melalui pakar perkataan Bagian Luar Negeri Matthew Miller melawan kesertaan Washington. Dia pula memberi tahu, administratur AS tidak mempunyai alasan untuk beriktikad Israel turut dan dalam bidasan itu.

Lebih dulu, IRNA dan perlengkapan televisi Penguasa Iran melaporkan jika rekaman pengawasan Kamera pengaman meyakinkan dengan jelas seorang laki- laki pelakon bom bunuh diri meledakkan modul peledak. Diprediksi terdapat denotasi lain walhasil terdapat denotasi sebandung di sana, tetapi administratur Iran belum membetulkan.

Teheran telah berkomitmen akan membalas marah atas denotasi sebandung di Kerman itu. Kepala negeri Iran Ebrahim Raisi mengecam bidasan itu berlaku seperti kekeliruan keji dan tidak manusiawi.

Senada dengan itu, Korps Penjaga Revolusi Iran menggambarkan bidasan bibir69 itu berlaku seperti kelakuan pengecut yang berarti menciptakan ketidakamanan. Mereka pula berkomitmen untuk membalas marah.

Perlengkapan setempat berikan ketahui jika denotasi terangkai berkisar 1, 5 kilometer dan 2, 7 kilometer dari alam pemakaman Soleimani. Administratur Iran mengatakan, para pelakon bom bisa jadi memilah posisi itu karena mereka terdapat di luar batas keamanan untuk peringatan itu.

Jumlah korban berpulang lebih dulu dikatakan sebesar 103 orang, tetapi direvisi 2 kali jadi 84 jiwa. Koreksi ini karena para administratur mengenali beberapa julukan yang seragam dikatakan lebih dari sekali dalam memo korban. Namun, dengan lagi banyaknya para korban luka dalam suasana kritis disaat ini, jumlah korban berpulang bisa jadi bisa bertambah.

Pihak berkuasa berencana melakukan formalitas pemakaman massal pada hari Jumat. Namun, rancangan itu ditukar jadi Kamis malam, antara lain, diprediksi karena ditaksir keamanan Kerman.

Dalam sesuatu pernyataan, Tubuh Keamanan Perserikatan Bangsa- Bangsa( DK PBB) membawakan gelisah perasaan pada keluarga korban dan Penguasa Iran. Tubuh ini pula mengecam bidasan mematikan itu dengan menyebutnya berlaku seperti bidasan teroris pengecut.

Di Washington, pakar perkataan Gedung Putih John Kirby mengatakan pada reporter jika AS tidak mempunyai alasan untuk meragukan klaim NIIS. Pada Rabu, AS memberi tahu balasan turut dan dalam denotasi itu.

Bidasan itu berbarengan dengan 3 bulan Perang Israel- Hamas di Gaza. Peledakan itu memunculkan atmosfer di zona Timur Tengah lalu jadi kelu. Perlengkapan televisi Penguasa Iran lebih dulu meyakinkan kawanan orang terkumpul di kota- kota di Iran, tertera di Kerman, menyorakkan yel- yel” Matilah Israel” dan” Matilah Amerika”.

Lebih dulu, NIIS pula mengklaim beberapa bidasan di Iran, antara lain klaim atas bidasan bom sebandung pada parlemen dan makam Ayatollah Ruhollah Khomeini pada Juni 2017. Disaat itu sekurang- minimnya 18 orang berpulang dan lebih dari 50 orang luka- cedera akibat bidasan itu.

Sehabis itu, pada 2022, NIIS berterus jelas pula bertanggung jawab atas bidasan mematikan pada kuil Syiah di Iran yang menewaskan 15 orang.

Atmosfer di Timur Tengah meningkat panas sesudah bidasan hawa AS pada markas besar harus tentara membela Iran di pusat kota Baghdad, Irak, Kamis( 4 ataupun 1 ataupun 2024) lama setempat, menewaskan Mushtaq Taleb al- Saidi atau Abu Taqwa, pimpinan kalangan Harakat al- Nujaba, salah satu golongan dalam kawanan paramiliter Hashed al- Shaabi( Aktivasi Orang). Mengutip Pentagon, kantor data Reuters berkata julukan pimpinan Harakat al- Nujaba ialah Mushtaq Jawad Kazim angkatan laut( Angkatan laut(AL)) Jawari.

Kalangan paramiliter Hashed al- Shaabi mengumumkan dalam sesuatu pernyataan jika Deputi Kepala Operasi Hasheed al- Shaabi di Baghdad, Mushtaq Taleb al- Saidi atau Abu Taqwa, terbunuh akibat kekerasan agresif serangan AS. AS memasukkan Harakat al- Nujaba dalam memo kalangan teroris pada 2019.

Untuk administratur harus tentara yang tidak mau diucap namanya, bidasan pada hari Kamis itu menewaskan 2 orang dan melukai 5 yang lain. Mobil yang mereka tumpangi itu diserbu dari hawa hingga menewaskan keduanya.

Seorang administratur pertahanan AS yang tidak mau dibeberkan namanya mengonfirmasi bidasan itu. Dia mengatakan, Abu Taqwa jadi sasaran bidasan AS karena dia turut dan aktif dalam bidasan pada para personel AS.

Menanggapi bidasan AS di Baghdad itu, melalui pernyataan terdaftar, pakar perkataan angkatan Irak Yehia Rasool mengatakan, kawanan federasi garis besar bimbingan AS melakukan kelalaian atas bidasan tidak berargumen pada badan keamanan Irak yang bertugas sesuai dengan wewenang yang diserahkan oleh angkatan Irak itu. Tujuan berarti federasi bimbingan AS di Irak pada dini mulanya ialah untuk melawan NIIS.

Aparat keamanan memperketat kontrol di dekat posisi bidasan di Rute Palestina di Baghdad berbarengan terjadinya timbul rasa dan pemogokan terkait bidasan AS itu. Beberapa pesawat perang Irak terlihat meninggi di atas kawanan macet massal itu.

Dari pecahnya perang Israel- Hamas di Gaza pada 7 Oktober 2023, sedompol harus tentara sumbangan Iran yang memanggil dirinya Perlawanan Islam di Irak telah melancarkan lebih dari 100 bidasan pada pangkalan- pos kawanan AS di Irak dan Suriah.

Kalangan itu mengatakan jika bidasan itu yakni balasan atas sumbangan Washington pada Israel dalam perang melawan Hamas. Lebih dari 20. 000 orang di Gaza berpulang akibat bidasan Israel. Lapisan bidasan pada pangkalan- pos AS itu pula berarti untuk menekan kawanan AS berangkat dari Irak.

Kalangan NIIS luang menguasai zona yang besar di Irak dan Suriah pada tahun 2014. Wewenang NIIS berakhir sesudah dipukul mundur oleh kawanan bimbingan AS.

Dari itu, Irak dan Suriah hadapi huru- hara dengan lapisan bidasan. Di negara orang sisi Afghanistan, kalangan NIIS dipercayai menguat dari jatuhnya penguasa yang dibantu Barat di tangan Taliban pada tahun 2021.

Pakar di tubuh pemikir Washington Institute for Near East Policy, Aaron Zelin, mengatakan jika beliau tidak akan terkejut apabila bidasan itu dicoba oleh agen NIIS Afghanistan, yang dikenal berlaku seperti ISIS- Khorasan, atau NIIS- K.

Teheran, tuturnya, menggugat NIIS- K terdapat di balik banyak bidasan yang karam dalam 5 tahun terakhir. Sebagian besar dari calon pelakon dibekuk. Sebagian besar ialah warga Iran, Asia Tengah, atau warga Afghanistan yang berasal dari jaringan federasi yang berbasis di Afghanistan, bukan dari jaringan kalangan itu di Irak dan Suriah.

NIIS, tutur Zelin, meletakkan marah yang besar pada Syiah, aksi yang berdaulat di Iran. Di Afghanistan, kalangan Syiah berulang kali jadi sasaran bidasan NIS- K.