Musim Dingin Yang Ekstrim Melanda Amerika

Musim Dingin Yang Ekstrim Melanda Amerika

Musim Dingin Yang Ekstrim Melanda Amerika – Amerika serikat serta Kanada balik menulis dini tahun dengan temperatur kurang sebagian puluh bagian celsius. Kendala pusaran poros jadi pemicu penyusutan temperatur itu. Pergantian hawa berhubungan akrab dengan kejadian itu.

Pada Selasa( 23 atau 1 atau 2024), beberapa area Kanada menulis temperatur kurang 25 bagian celsius. Di Minnesota, AS, terdaftar temperatur kurang 27 bagian celsius. Di Dakota Utara, justru terdaftar temperatur kurang 56 bagian celsius.

Temperatur dikala ini lebih hangat dibanding minggu kemudian. Kala itu, temperatur justru turun melampaui kurang 50 bagian celsius di beberapa area Kanada serta AS. Di alat sosial tersebar film mi praktis sampai tisu yang memadat mendadak di luar rumah. Karena, temperatur amat dingin serta membekukan air di tisu serta mi praktis. Eropa yang lagi hadapi masa dingin juga tidak menulis temperatur serendah AS- Kanada. Di Moskwa, Rusia, terdaftar temperatur tidak hingga kurang 6 bagian celsius. Inggris justru menulis temperatur 4 bagian celsius.

Mathew Barlow, ahli hawa pada Universitas Massachusetts Lowell, mengatakan gerakan hawa dari poros utara jadi pemicu temperatur anjlok di AS- Kanada.” Pada medio Januari 2024, temperatur dingin itu membongkar rekor temperatur terendah setiap hari dari Montana sampai Texas,” tuturnya.

Situasi ini terjalin sebab gerakan hawa dingin berkecepatan besar beralih dari alurnya. Dari berkeliling di dekat poros utara saja, gerakan itu justru bawa angin dingin ke selatan. Gerakan itu sering diucap pusaran poros ataupun polar vortex.

Kejadian itu bukan perihal terkini. Semenjak 1853, sudah diketahui babe138 sebutan polar vortex. Walakin, di era 21, sebutan itu terus menjadi sering dipakai. Karena, kendala gerakan pusaran poros terus menjadi kerap terjalin.

Periset Atmospheric Environmental Research, Judah Cohen, salah satu yang merumuskan keseriusan itu.” Dari penemuan kita, pusaran poros menghampar semacam karet gelang, cuaca masa dingin berlebihan yang akut lebih bisa jadi terjalin di AS. Di situlah fokusnya serta pada bulan Januari kita mengalami permasalahan berlebihan berbentuk peregangan pusaran poros,” tuturnya.

Para periset akur kalau cuaca dingin berlebihan ini tidak berlawanan dengan pemanasan garis besar. Kebalikannya, mereka malah beranggapan pemanasan garis besar malah jadi salah satu aspek faktornya.

Riset Barlow serta para koleganya meyakinkan pergantian Arktik terpaut dengan pemanasan garis besar. Pemanasan garis besar itu sudah tingkatkan mungkin terbentuknya kendala pusaran poros.

” Akibat kenaikan pemanasan garis besar ini diketahui selaku amplifikasi Arktik yang bisa tingkatkan pola cuaca. Pada kesimpulannya, situasi ini hendak menciptakan pusaran poros yang terdistorsi alhasil memanjang,” ucap Barlow.

Bagi Jennifer Francis, akademikus hawa di Woodwell Research Center, pemanasan Arktik yang kilat salah satu pertanda sangat nyata dari pergantian hawa yang diakibatkan orang. Situasi ini membuat masa dingin yang berlebihan lebih bisa jadi terjalin apalagi kala alam dengan cara totalitas lagi memanas.

Masyarakat di beberapa besar area Amerika serikat wajib berjuang buat bertahan hidup dalam masa dingin berlebihan dengan temperatur kurang 7 celsius sampai kurang 56 bagian celsius. Sampai Senin( 22 atau 1 atau 2024), cuaca berlebihan sudah menyebabkan 89 orang berpulang di semua negara. Hawa dingin yang membekukan pula mematahkan kehidupan beberapa masyarakat, membuat listrik mati, air tidak mengalir, serta menjebak banyak orang di dalam rumah sendiri.

Area selatan AS yang umumnya relatif hangat juga tidak bebas dari masa dingin berlebihan ini. Di Memphis, Tennessee, masyarakat dimohon merebus air buat seluruh kebutuhan, mulai dari gosok gigi hingga membasahi kamar kecil. Di banyak posisi, gerakan air terhambat serupa sekali sehabis temperatur yang amat dingin mengganggu saluran air di semua kota.

Angin besar masa dingin menyebabkan kematian yang beberapa besar sebab hipotermia serta musibah kemudian rute. Salah satu peristiwa sangat mengenaskan merupakan 3 orang dari satu keluarga yang berpulang tersengat listrik di Portland, Oregon.

Mereka tergelincir jalur yang licin oleh susunan es serta tersengat kabel listrik yang putus oleh angin besar. Orang sebelah mereka, Majiah Washington( 18), sukses melindungi bocah mereka yang sedang berumur 9 bulan serta terjebak di mobil keluarga apes itu.

” Aku memandang mereka satu per satu tergelincir di jalur yang dingin sebab es kemudian tersengat listrik. Aku langsung kabur pergi mengutip bocah mereka yang sedang di mobil,” tutur Washington semacam diambil di CNN.

Di bermacam area lain, masa dingin berlebihan mematahkan kehidupan masyarakat. Restoran Four Way Grill di Memphis terdesak tutup sebab tidak terdapat air serta listrik. Pemiliknya, Patrice Bates Thompson, berkata, restoran itu salah satunya pangkal pendapatan setiap hari mereka.

Kita tergantung pada bidang usaha serta kita senantiasa terletak di rumah,” tuturnya, Sabtu( 20 atau 1 atau 2024).

Sedemikian itu banyak pipa rusak sebab titik berat air yang memadat di Memphis alhasil titik berat air turun di semua kota. Industri gas serta air Memphis Light, Gas,& Water memohon lebih dari 400. 000 pelanggannya buat mencari pengganti pangkal air bersih lain sebab takut hendak mungkin pencemaran pada air.

Para klien apalagi direkomendasikan buat merebus air ataupun memakai air bungkusan buat minum ataupun menggosok gigi. Anjuran ini juga tidak gampang dicoba sebab bekal air bungkusan mulai berkurang di mana- mana sebab tingginya keinginan.

Karyawan pipa air bertugas selama hari buat melaksanakan koreksi.” Penciptaan serta pengerjaan air kita berjalan dengan bagus, namun kita tidak bisa membagikan ditaksir koreksi hingga seluruh kebocoran teridentifikasi,” tutur industri itu.

Industri itu memobilisasi lebih dari 100 pegawai yang dengan cara ikhlas bertugas di akhir minggu di tengah masa dingin berlebihan buat menolong sesamanya. Mereka bekerja mengenali kehancuran pipa serta membenarkannya. Masyarakat dimohon memberi tahu kebocoran di jalur, di rumah, serta di gedung- gedung kosong.

Dampak darurat air itu, Badan Kota Memphis membuka 7 stasiun penyaluran air minum bungkusan. 2 posko disiagakan di stasiun pemadam kebakaran. Di stasiun pemadam itu, paling tidak 300 mobil langsung mengantri buat mendapatkan cadangan air bersih.” Terdapat banyak orang yang serupa sekali tidak memiliki air,” tutur Ketua Manajemen Gawat Shelby County Brenda Jones.

Negeri Bagian Tennessee menulis 26 kematian sepanjang seminggu terakhir. Salah satu korban merupakan seseorang laki- laki berumur 25 tahun yang berpulang sebab hipotermia di rumahnya sendiri. Korban ditemui di rumah mobil di Lewisburg yang pemanas ruangannya mati.” Hingga terdapat es di dindingnya,” tutur Bob Johnson, Delegasi Kepala Kantor Sheriff Marshall County.

Beberapa besar area AS dicengkeram cuaca dingin dari Arktik ataupun Poros Utara yang memadamkan dari area selatan sampai Texas serta Florida. Hujan salju, hujan es, serta embusan angin cepat pada Pekan malam membuat ekspedisi di sebagian bagian Kansas serta Oklahoma jadi amat beresiko.

Para pakar cuaca berkata, cuaca dingin berlebihan diakibatkan oleh situasi di Poros Utara. Area itu lebih dahulu hadapi pemanasan 2 kali lebih kilat dibanding area lain di planet ini. Saat ini, suhunya memanas 3 sampai 4 kali lebih kilat.

” Dikala temperatur di Arktik tidak semacam umumnya, mungkin besar kita hendak memandang temperatur dingin yang amat dingin,” tutur Jennifer Francis, akademikus hawa di Woodwell Research Center.

Francis berkata, pemanasan Arktik yang kilat merupakan salah satu pertanda sangat nyata dari pergantian hawa yang diakibatkan kelakuan orang. Akhirnya, masa dingin berlebihan terjalin di AS serta Eropa. Sedangkan di bagian alam hadapi cuaca panas yang pula berlebihan.