29 Pemain Indonesia Akan Berangkat Ke Turki

29 Pemain Indonesia Akan Berangkat Ke Turki

29 Pemain Indonesia Akan Berangkat Ke Turki
Mentor Grup, Publik Indonesia Shin Tae-yong membawa, 29 pemain untuk mengikuti, kursus pengajaran jelang Piala Asia Qatar 2023. Seluruh, pemain yang memiliki, panggilan BRI, Liga 1 2023-2024, berkumpul, pada Senin ,hingga Selasa (18-19/12,/2023) di Jakarta, selanjutnya, akan menjalani kursus instruksional, dan latihan pertandingan di Turki, 21, Desember, 2023 hingga, 6 Januari 2024.

Berbeda dengan jadwal kompetisi sebelumnya, Shin tak mengadakan persiapan di Jakarta. Pemain berjumlah 22 orang, terdiri dari 18 orang koperasi Asosiasi 1, kemudian 4 pemain yang berprofesi di negara Asia lainnya, yaitu Asnawi Mangkualam (Ular Mitos Jeongnam, Korea Selatan), Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang), Jordi Amat ( Johor Darul Ta’zim, Malaysia), dan Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia), kini berada di Jakarta. Mereka tinggal melalui uji klinis dan kesehatan.

Seluruh pemain dan staf pengajar berangkat ke Türkiye Rabu (20/12/2023) malam. Usai terbang selama 15 jam 15 menit, awak Garuda dijadwalkan tiba di Antalya, Turki, Kamis (21/12/2023) pagi. Antalya terletak sekitar 695 kilometer selatan Istanbul.

Pemain yang mempunyai profesi di Eropa, seperti Elkan Baggott (Ipswich Town), Shyane Pattynama (Viking FK, Norwegia), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia), Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda), Rafael Struick (ADO Sanctum Haag), dan Pemain yang baru saja menyelesaikan siklus naturalisasi, Justin Hubner (Wolverhampton Drifters, Inggris), akan segera muncul di Turki, 21 Desember.

Sementara itu, Sandy Walsh yang bermain untuk KV Mechelen di Belgia, baru akan meninggalkan klubnya menjelang akhir Desember. Pasalnya, KV Mechelen kemungkinan akan melepas Sandy saat memasuki libur Natal dan Tahun Baru usai menjalani laga hari ke-20 Asosiasi Bintang Belgia melawan Charleroi, 28 Desember 2023.

“Di Turki, kami tidak sekadar melakukan persiapan serius sesuai program Mentor Shin. Grup juga akan menjalani dua laga uji coba melawan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 di Antalya,” kata Public Group Board Executive Sumardji, Selasa (19/1). 12/2023).

Secara, keseluruhan, rombongan, Garuda akan, menjalani persiapan, dan penyisihan selama, 17 hari di Turki. Kemudian, mereka berangkat, ke Doha, Qatar, pada 6, Januari 2024.

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, bersemangat memulai pelatihan jelang Piala Asia 2023. Klok mempunyai andil besar dalam melajunya Indonesia ke putaran final Piala Asia versi kedelapan belas. Ia mencetak gol ke gawang Kuwait pada babak passing, Juni 2022, yang mempersiapkan Garuda mengakhiri stand bynya untuk tampil di hajatan sepak bola Asia yang dimulai sekitar tahun 2007.

“Saya sangat menantikan Piala Asia. Ini adalah kompetisi yang sangat bagus untuk diikuti,” kata Klok.

Shin memang memanggil tiga pemain “Maung Bandung”, julukan Persib. Meski begitu, tim spesialis Persib tak melepas Rachmat yang masih menjalani masa pemulihan cedera. Secara keseluruhan, Shin tidak memanggil Rachmat pengganti untuk menyelesaikan porsi 30 pemain tersebut.

Dari 29 pemain tersebut, hanya Nadeo Argawinata, kiper Borneo FC, yang tidak masuk dalam daftar pemain yang masuk dalam susunan pemain utama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November lalu. Kuantitas tiga kiper diisi oleh Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Syahrul Trisna (Persikabo 1973), dan Muhamad Riyandi (Persis Solo). Dengan rangkuman tersebut, Ernando punya peluang seumur hidup untuk menjadi kiper utama Indonesia di Piala Asia 2023.

Sebelum berangkat ke Qatar, Shin Hoki99 akan membagi kru menjadi 23 pemain. Berdasarkan susunan pemain sementara, keenam pemain tersebut sebenarnya bisa saja berasal dari dua pemain yang masing-masing bertugas sebagai penjaga, gelandang, dan penyerang.

Tim Garuda akan mulai melakukan persiapan di Doha, 7 Januari 2024. Shin pun sudah merencanakan laga penyisihan untuk menyelesaikan persiapan terakhir Asnawi dan kawan-kawan.

Pertandingan akan dilangsungkan sekitar malam hari, pukul 20.30 waktu setempat,” ujar Sumardji yang juga petinggi tim Bhayangkara FC.

Membandingkan dua laga Indonesia di Kapabilitas Piala Dunia 2026 dan tiga duel uji coba jelang Piala Asia 2023, Garuda tak punya potensi untuk menyesuaikan diri dengan gaya bermain Jepang, grup tersulit di Gathering D.

Libya dan Iran seperti gaya bermain Irak. Irak pun berhadapan dengan Indonesia pada laga perdana Piala Dunia 2026 di Basra, Irak, November lalu. Indonesia tertinggal 0-5.

Indonesia akan menghadapi Irak pada babak awal Gathering D di Ahmad Canister Ali Arena, Al Rayyan, Qatar, 15 Januari 2024 pukul 21.30 WIB. Kemudian, Jordi dan kawan-kawan akan menghadapi lawan asal Asia Tenggara, Vietnam, 19 Januari 2024 pukul 21.30 WIB, di Abdullah Canister Khalifa Arena, Doha.

Pada laga terakhir babak penyisihan, Indonesia akan menghadapi Jepang, 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB, di Al Thumama Arena, Doha. Kelompok “Samurai Biru” menjajal kekuatan Myanmar pada November lalu, sebagai ajang peragaan kembali untuk mengetahui kekuatan Indonesia dan Vietnam.